Pages

Kamis, 06 September 2012

Manfaat Mainan Anak Bagi Buah Hati

Mainan Anak
Mainan Anak
Betapa sering kita dibuat kesal oleh anak ketika mereka menginginkan sebuah mainan anak yang diminati dan disukai oleh mereka. Kadang mungkin sampai kita emosi bahkan memukul ketika mereka merengek untuk dibelikan.  Sulit memang apalagi ketika kondisi keuangan yang sudah menipis dan diakhir bulan. Dalam benak kita sebagai orang tua berfikir bahwa mainan merupakan sesuatu yang dapat menghabiskan waktu dan uang tapi dari sisi pandangan anak mungkin akan berbeda dalam mengartikan sebuah permainan. Dengan anak kita beriteraksi dengan lingkungan sekitar baik berupa mainan maupun dengan beriteraksi social bersama teman dan keluarganya. Untuk anak kita berinteraksi dengan barang berupa mainan bisa jadi merupakan suatu proses belajar. Barang tersebut dapat memberikan keasyikan sendiri ketika mereka mengisi waktu luang mereka. Betapa sering kita melihat mereka terhanyut dalam dunia permainan yang sedang mereka mainkan. Dengan anak bermain dengan mainan edukatif atau mainan jenis lain mereka akan dapat mengembangkan kemampuan sosial, kemampuan bahasa, koordinasi tangan dan mata, keseimbangan, dan rasa ingin tahu anak sedang mencapai puncaknya.

Pada masa kanak kanak merupakan masa penuh dengan keingintahuan, mereka akan terus bermain, bertanya bahkan ada yg mengotak atik segala sesuatu yang ada disekitar mereka. Dengan kita memberikan mainan perasaan keingintahuan mereka akan dapat tersalurkan kearah yang baik. Karena mereka mempunyai sebuah objek yang dieksplorasi berupa mainan. Mainan Anak yang akan kita berikan juga tidak harus berupa mainan yang mahal tetapi dapat memberikan efek kesenangan untuk mereka. Ada beberapa mainan yang bermanfaat untuk mengembangkan fisik dan otot otot mereka. Tanpa disadari oleh anak kita mainan yang kita berikan akan menstimulus tubuh mereka melalui gerakan gerakan yang akan mereka lakukan. Mainan tersebut bias berupa permainan yang ada disekelililng rumah kita berupa memanjat pohon, naik turun tangga dan jenis permainan lainnya yang memerlukan kegiatan fisik. Ada alat permainan yang dapat melatih mereka untuk dapat mengenal berbagai bentuk, hewan, tumbuhan dan juga alat alat transportasi yang ada di sekeliling kita. Permainan ini tidak harus berupa mainan tapi ketika kita sedang berjalan-jalan sambil kita berinteraksi dengan anak permainan ini pun dapat dilakukan tanpa kita dan anak sadari.

Ketika mereka bermain mainan anak bersama teman teman mereka, anak-anak akan belajar bagaimana mereka hidup bersosialisasi, bagaimana mereka saling mengasihi dan saling menghormati. Banyak hal yang akan mereka peroleh ketika mereka bermain bersama. Sepatutnya kita sebagai orang tua dapat menemani mereka ketika sedang bermain bersama teman sebaya. Disini peran orang tua dituntut untuk dapat membimbing dan memberi penjelasan ketika mereka sudah mulai berebut satu sama lainnya. Sebagai orang tua yang baik hendaknya dapat menengahi kondisi tersebut. Sehingga dikemudian hari anak kita dapat menjadi orang yang berjiwa sosial. Sering kita lihat bagaimana anak berusaha meluapkan emosi mereka dengan cara memukul mukul sesuatu yang ada disekeliling mereka. Ini merupakan suatu proses bagi mereka untuk dapat meluapkan emosi mereka melalui permainan seperti ini. Ada beberapa jenis permainan anak yang dapat menyalurkan energi maupun emosi mereka. Jenis mainan ini ada ynag berupa jenis permainan alat musik maupun alat alat pertukangan. Jadi sepatutnya kita sebagai orang tua jangan terlalu memikirkan terlalu jauh untuk membelikan buah hati kita permainan. Dengan kita memberikan anak buah hati kita permainan akan dapat memperoleh banyak manfaat ketika mereka memainkan permainan tersebut. Jadi sudah saatnya kita tersenyum ketika mereka merengek untuk di belikan mainan. Untuk memperoleh informasi dan membutuhkan permainan edukatif anak dapat mengirim email ke ade_ermansyah@yahoo.com atau dapat menghubungi saya di 08138 1052 840 atau PIN BB di 310DABB9.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar