Pages

Selasa, 14 Agustus 2012

Yu mengenal apa itu mainan edukatif anak


Mainan Edukatif Anak
Mainan Edukatif Anak
Mungkin banyak orang bertanya tanya kira kira apa yah pengertian mainan edukatif anak itu, apakah mainan yang banyak dijual dipasar yang berupa plastik, besi atau kayu. Kira kira kriteria apa saja yang dapat dikatakan mainan itu sebagai mainan edukatif. Kadang kita suka melihat dan menganalisa ketika membelikan atau memberikan sebuah mainan kepada anak ataupun keponakan kita kira kira cocok tidak dipergunakan dan dimainkan oleh mereka. Sebagai contoh seperti sebuah bola plastic ada yang besar dan kecil ukurannya. Untuk  bola plastic yang besar kadang sulit untuk dimainkan karena susah untuk dipegang oleh anak kita atau ketika kita ingin bermain lempar bola. Bisa dilihat dari warna yang ada pada bola tersebut ada bola yang berwarna warni dalam satu bola atau hanya dalam balutan satu warna saja. Sehingga tidak menarik bagi anak karena anak-anak lebih menyukai benda atau permainan yang memiliki banyak warna.
Alat permainan edukatif merupakan suatau media pembelajaran yang menunjang terselenggaranya pembelanjaran di TK maupun PAUD. Sehingga proses pembelajran yang berlangsung akan efektif dan menyenangkan sehingga dapat menegmbangkan dan merangsang berbagai potensi yang dimiliki oleh anak-anak. Sebagian ahli mengemukakan bahwa Alat permainan edukatif merupakan suatu alat yang dirancang khusus untuk menunjang suatu proses pendidikan. Pengertian tersebut menggambarkan dan menunjang pada pengembangan dan pemanfaatan dari sebuah permainan.  Seperti penjelasan diatas bahwa tidak semua permainan dirangcang khusus untuk dapat menegmbangkan aspek aspek perkembangan anak-anak kita. Ahli lain menafsirkan alat permainan edukatif sebagai segala sesuatu yang dapt digunakan dan dioptimalkan sebagai alat bermain yang mengandung nilai edukatif atau pendidikan sehingga dapat menunjang dan menegmbangkan seluruh kemampuan dan potensi yang dimiliki anak.

Beberapa manfaat yang akan diperoleh dalam mengembangkan potensi anak dengan alat permainan edukasi karena alat permainan ini dapat merangsang daya pikir anak. Potensi potensi yang akan diperoleh dapat berupa melatih kemampuan motorik, dapt melatih tingkat konsentrasi anak, mengenalkan konsep sebab akibat, melatih dan mengembangkan potensi anak dalam bahasa dan wawasan mereka, dan juga dapat mengenalkan konsep-konsep mengenai warna dan bentuk. Selain itu juga mainan edukatif anak dapat  meningkatkan kemampuan berkonsentrasi dan memecahkan masalah. Konsep konsep dasar seperti mengenal bentuk, warna juga terdapat dalam alat permainan ini. Permainan ini juga mempunyai manfaat yang multi fungsi didalam memainkannya sehingga stimulasi dalam merangsang kemampuan dan potensi pun bias beragam. Si anak juga akan mengeekplorasi diri mereka melalui karya karya yang akan dihasilkan ketika bermain dengan jenis permainan ini, sehingga mendorong anak untuk selalu kreatif lewat berbagai variasi mainan yang tersedia. Dan ingat jangan segan memberi sebuah pujian ketika kita mendampingi mereka bermain permainan edukatif ini ya.

Setelah kita membaca dan menelaah kedua pengetian tentang alat permainan edukatif atau mainan edukatif anak dapat kita beri suatu kesimpuan bahwa alat permainan edukatif dibuat dan diciptakan dengan mempertimbangkan karakteristik dan memberikan suatu penembangan terhadap potensi dan perkembangan anak. Dengan kita menyediakan alat permainan ini diharapkan bahwa dalam proses bermain si anak tidak hanya mendapatkan kesenangan dalam bermain tetapi mereka dapat juga mengembangkan berbagai potensi yang ada di dalam diri mereka. Kita ketahui anak-anak adalh masa perkembangan baik fisik maupun jasmani sehingaa cocok sekali apabila kita dapat meneyediakan suatu alat yang dapat membantu mereka didalam proses perkembangnnya. Jadi sudahkah kita menyediakan alat permaina edukatif di rumah kita bagi sang buah hati tercinta. Bagi orang tua membutuhkan mainan edukatif ini dapat dapat mengirim email ke ade_ermansyah@yahoo.com atau dapat menghubungi saya di 08138 1052 840 atau PIN BB di 310DABB9.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar