Pages

Jumat, 03 Agustus 2012

Keuntungan Belajar Bermain Mainan Edukatif Anak

Mainan Edukatif Anak
Mainan Edukatif Anak
Pada saat ini banyak sekali mainan yang beredar di pasaran baik di pasar tradisional dan juga di pasar modern. Berbagai macam dan jenis baik berupa mainan plastik, besi maupun juga kayu, dengan harga dan bentuk yang bervariasi. Beragam mainan anak tersebut sangat mudah ditemukan di berbagai tempat dan pasar pasar yang ada disekitar kita. Akan tetapi mainan apakah yang tepat bagi buah hati. Nah disini lah peran kita sebagai orang tua untuk dapat dengan cermat memilih permainan untuk si kecil. Sudah sepatutnya kita sebagai orang tua mampu untuk memilih dan memilah mainan yang cocok untuk buah hati kita. Alangkah bijaknya apabila kita dapat memberikan mainan kepada buah berupa mainan anak anak yang mendidik berupa mainan edukatif anak.  Ada banyak manfaat ketika kita memberikan mainan yang mempunyai unsur pendidikan didalamnya. Permainan ini cukup baik diberikan karena akan dapat merangsang kecerdasan dan kreatifitas sang anak. Orang tua harus jeli dan cermat untuk memilih permainan jenis ini sehingga tujuan dari permainan ini akan dapat tercapai.
Untuk permulaan nya disini akan dibahas mengenai permainan balok balok susun untuk si kecil. Anak-anak kita akan belajar dari permainan ini berupa konsep konsep baik warna, bentuk, ukuran dan juga keseimbangan didalam permainannya. Permainan pendidikan untuk mengajarkan tentang konsep dapat berupa balok balok. Disamping itu dengan permainan balok anak dapat mengembangkan daya imajinasi mereka yang dapat dituangkan dalam merangkai dan menyusun balok balok yang tersedia. Untuk  menyusun balok agar terbentuk bangunan seperti dalam imajinasi nya, diperlukan kesabaran oleh sang anak. Di sinilah ia melatih dirinya sendiri untuk menjalankan proses dari awal sampai akhir untuk menggapai cita-cita nya dan melatih anak untuk dapat menyelesaikan pekerjaannya.

Ketika bermain susun balok bersama teman teman , dapat melatih anak  untuk berbagi bersama sama. Ketika salah seorang teman kekurangan balok tertentu, anak diminta untuk dapat berbagi dan bekerja sama untuk mau membagi balok yang dibutuhkan. Dari proses bermain ini anak juga belajar untuk tidak saling berebut saat bermain. Ketika anak bermain susun balok dan bisa membuat bangunan dan dapat menyelesaikan permainan ini, membuat anak akan merasa puas dan gembira. Pencapaian ini akan menumbuhkan rasa percaya diri akan kemampuannya.

Agar permainan terasa manfaatnya dan fungsi dari mainan edukatif ini, sebagai orangtua perlu mendampingi anak tetapi jangan mudah memberikan bantuan.  Berilah rangsangan yang dapat memacu anak menyelesaikan permainan ini sehingga anak dapat termotivasi dan dapat membuat anak  benar-benar terstimulasi.  Sebagai orang tua perlu memberikan material susun balok yang cukup untuk mendirikan bangunan yang akan dibuat anak. Berikanlah waktu yang cukup bagi anak dalam memainkan permainan ini dan jangan terburu-buru dan membatasi waktu. Gunakan lah kosakata seputar dunia konstruksi untuk menambah pengetahuan dan kosakata anak. Jangan lupa mainan edukatif anak ini merupakan permainan kelompok sehingga berilah kesempatan kepada anak untuk berinteraksi dengan temannya dengan bermain susun balok bersama. 

Amati perkembangan anak dalam bermain mainan edukatif anak susun balok. Dari bentuk sederhana (menumpuk balok dari bawah ke atas), anak akan mengembangkan kemampuan menyusun model yang lebih kompleks. Sebagai orang tua jangan mengintervensi anak dengan berbagai pengarahan ataupun perintah selama anak membuat suatu konstruksi. Ingat berilah anak kesempatan untuk mengerjakan sendiri dan memutuskan sendiri apa yang akan dibuatnya. Setelah menyelesaikan membuat suatu bangunan dan menyelesaikan mainan edukatif balok ini jangan lupa memberi pujian atas hasil karya anak apa pun bentuknya. Bagi orang tua membutuhkan mainan edukatif ini dapat dapat mengirim email ke ade_ermansyah@yahoo.com atau dapat menghubungi saya di 08138 1052 840 atau PIN BB di 310DABB9.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar