Pages

Selasa, 31 Juli 2012

Memilih Mainan Edukatif Anak Bagi Orang Tua

Mainan Edukatif Anak
Mainan Edukatif Anak
Masa perkembangan anak adalah masa dimana aspek kognitif, fisik, motorik, dan psikososial seorang anak berkembang seiring dengan bertambahnya usia anak. Untuk mendukung dan mengembangkan aspek-aspek tersebut diperlukan stumulasi-stimulasi yang mampu mengoptimalkannya agar seorang anak kelak juga mampu menjadi pribadi yang matang, bertanggung jawab, mampu menghadapi segala permasalahan dalam hidupnya. Salah satu cara mengoptimalkan kemampuan kognitif, fisik, motorik, dan psikososial seorang anak adalah dengan menstimulasi nya. Permainan atau mainan edukatif anak merupakan suatu alat yang mampu untuk dapat menstimulus dan mengembangkan kemampuan si anak.
Fungsi dasar mainan antara lain:
·         Dapat mengoptimalkan perkembangan fisik dan mental anak.
·         Mampu Memenuhi kebutuhan emosi anak
·         Mengembangkan kreatifitas dan kemampuan bahasa anak.
·         Serta membantu proses sosialisasi anak.
Sebagai orang tua penting untuk dapat memilih mainan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih mainan anak yaitu:
·         Perhatikanlah manfaat dari permainan yang akan kita beli sesuai dengan usia, emosi dan tingkat perkembangan anak
·         Kemanan akan permainan baik dari segi bentuk, berat, dan juga cat yang dipakai.
·         Pilih lah mainan yang mempunyai warna yang kontras dan cerah sehingga dapat merangsang indera penglihatan anak.
·         Dapat membuat anak asyik dan aktif bermain.
·         Jangan terpaku pada mahal atau tidak nya sebuah mainan, karena belum tentu permainan mahal dapat membantu perkembangan anak kita.
Orang tua harus mampu menyadari bahwa Peran mainan edukatif anak dalam perkembangan anak sebenarnya cuma sebagai alat bantu bukan sebagai pengganti peran orang tua. Mainan yang ada dapat membantu si anak dalam mengembangkan aspek aspek yang ada dalam diri anak. Ketika anak bermain mereka tetap memerlukan pendamping disinilah fungsi kita sebagai orang tuan, kita harus dapat menjaga keterlibatan kita, jangan sampai berlebihan  dalam mendampingi mereka. Kondisi ini kurang baik sebab tujuan memberikan mainan malah tidak tercapai dan efektif.
Agar kreatifitas anak tumbuh dan berkembang harus pula diciptakan dan dikondisikan pola bermain dalam satu kesatuan sebagai keluarga yaitu bisa dengan mengajak anak-anak beserta kedua orang tuanya secara bersama-samaa bermain yang melibatkan proses kreatif dan menyenangkan sehingga dapat melatih proses bersosialisasi baik dengan keluarga maupun lingkungan sekitar.Ingatlah bahwa namanya alat bermain tidak harus berupa mainan, benda dan peralatan disekita rumah pun bias dan dapat dijadikan sebagai alat permainan. Sebagai contoh buku, dapat dijadikan sebagai alat bermain seperti di susun susun menjadi sebuah terowongan. Selain itu kita akan dapat menumbuhkan kegemaran anak akan senang membaca.
Pada saat sekarang ini banyak dan beragam jenis mainan anak yang diperjual belikan di pasaran dengan harga dan bentuk yang bervariasi. Beragam jenis mainan anak tersebut juga sangat mudah ditemukan di berbagai tempat. Disinilah peran orang tua untuk dapat memilih mainan yang tepat, mainan yang tepat ini tentunya mainan yang dapat merangsang kecerdasan dan ke kreatifan sang anak, seperti apa yang sudah dijelaskan diatas. Banyak hal yang dapat di peroleh ketika kita menyediakan permainan jenis ini di rumah kita. Selain faktor keamanan dan variasi dari permainan ini yang cukup banyak. Selain itu fungsi fungsi yang ada pun cocock untuk membantu proses perkembangan si anak. Pentingnya kita untuk dapat memilih mainan edukatif anak bagi buah hati. Melihat dari begitu banyaknya nilai positif yang diperoleh maka sudah saatnya kita menyediakan dan memberikan mainan edukatif anak ini kepada sang buah hati tercinta anda. Bagi orang tua yang mebutuhkan mainan edukatif dapat mengirim email ke ade_ermansyah@yahoo.com atau dapat menghubungi saya di 08138 1052 840 atau PIN BB di 310DABB9.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar