Pages

Senin, 27 Agustus 2012

Jenis Jenis Mainan Edukatif

Mainan Edukatif
Mainan Edukatif
Setelah mengetahui fungsi dan tujuan dari pemberian mainan edukatif bagi buah hati kita sekarang saat nya membahas jenis jenis permainan edukatif yang ada di pasaran. Banyak sekali saat ini produsen mainan edukatif yang ada di Indonesia kebanyakan para produsen mainan ini berdomisili di pulau jawa. Kenapa banyak di pulau jawa yah, tidak dipungkiri bahwa banyak tenaga yang terampil dan juga bahan baku yang tersedia di pulau jawa sehingga banyak produsen dan pengusaha yang berlomba lomba untuk dapat terjun di dalam usaha permainan edukatif ini. Saat ini banyak produsen alat peraga edukatif sudah banyak yang menggunakan bahan baku yang ramah lingkungan. Salah satu bahan yang patut di perhatikan adalah masalah cat dan finishingnya. Patut kita syukuri saat ini ada beberapa pabrikan yang sudah menggunakan cat yang berbahan dasar air sehingga aman dan bebas racun dan timbal.
Apa saja jenis permainan anak edukatif yang ada, mari kita berkenalan dengan jenis permainan ini, fungsi dan kegunaannya dan bahan apa saja yang dipakai. Yang pertama adalah permainan edukatif balok kayu, permainan ini adalah permainan jenis konstruktif karena anak akan berusaha untuk membangun sesuatu dengan bahan material yang sudah ada dalam paket permainan balok. Anak akan berusaha untuk menyusun dan merangkai balok balok menjadi sebuah bangun baik berupa rumah, menara, gedung dan sebagainya. Bermain  dengan permainan ini mampu mengembangkan kemampuan anak berupa kemampuan intelektual dan motorik anak. Anak dapat mengekspresikan apa yang ada didalam otak dan pikiran mereka dan diwujudkan menjadi sebuah bangunan atau bentuk lainnya. Selain itu juga anak akan dapat mengembangkan aspek kecerdasan, seperti kognitif, spasial, sosial dan juga emosi. 

Pada permainan ini anak juga belajar untuk mengenal konsep, disini akan di temui beberapa konsep berupa konsep warna, bentuk dan juga keseimbangan. Ketika bermain sebaiknya orang tua mendampingi putra atau putri untuk dapat mengenalkan konsep konsep yang ada di dalam permainan ini. Dalam permainan balok anak berlatih untuk dapat mengembangkan daya imajinasi mereka. Imajinasi mereka di aplikasikan dalam bentuk dan jenis bangunan atau konstruksi yang mereka susun. Berbagai bentuk dan kreatifitas dapat tercipta melalui permainan ini. Anak akan berlatih kesabaran dan belajar untuk bersosialisasi. Ketika permainan ini di mainkan secara berkelompok anak belajar untuk saling berbagi dan juga berlatih bersabar ketika mereka akan menyusun balok balok tersebut menjadi sebuah bangunan atau bentuk yang diinginkan. Contoh diatas merupakan salah satu jenis mainan edukatif yang dapat diperoleh di pasar.

Ingat lah bahwa didalam mengenalkan jenis permainan balok peran orang tua juga sangatlah dominan dalam mendampingi dan memberi kan pengarahan kepada anak. Mainan edukatif balok akan sangat berguna dan terasa manfaatnya apabila peran serta orang tua didalam mendampingi dan memberikan penjelasan yang terarah mengenai permainan edukatif ini. Kadang ketika jenis mainan edukatif ini di mainkan secara beramai ramai oleh anak dan teman temannya akan menimbulkan gesekan gesekan, baik saling berebut bahkan bisa terjadi saling melempar. Di sinilah andil dan peran orang tua ketika mereka mendampingi putra dan putrinya ketika bermain. Perlu kesabaran orang tua juga ketika kondisi seperti ini tadi terjadi. Bagaimana orang tua dapat dengan sabar memberi penjelasan mengenai makna saling berbagi sesama teman bermain. Selain itu juga orang tua dapat memberikan pujian dan juga mengenalkan konsep konsep yang ada di dalam permainan ini. Sehingga anak merasa lebih percaya diri ketika di berikan pujian.Untuk memperoleh informasi dan membutuhkan permainan edukatif anak dapat mengirim email ke ade_ermansyah@yahoo.com atau dapat menghubungi saya di 08138 1052 840 atau PIN BB di 310DABB9.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar