Pages

Senin, 27 Agustus 2012

Apa seh tujuannya kita memberikan mainan edukatif


Mainan Edukatif
Mainan Edukatif
Dalam artikel ini masih di bahas seputar mainan edukatif, sekarang saat nya kita coba untuk membahas dan mengupas kenap anak kita perlu diberikan permainan ini dan tujuan dari permainan edukatif ini seperti apa bagi perkembangan anak kita. Karena pada dasarnya setiap mainan dan permainan diberikan kepada buah hati kita adalah untuk dapat menyenangkan hati dan memberikan sebuah situasi bermain yang menyenangkan buat buah hati. Dengan adanya alat permainan edukatif ini mudah-mudahan fungsi permainan yang tadinya hanya untuk memberikan kesenangan dan memberikan situasi bermain yang kondusif dapat memerikan nilai tambah dari alat permainan tersebut. Inti dari diberikannya alat permainan edukatif dapat di jelaskan sebagai berikut: Memperjelas materi pendidikan yang diberikan kepada anak kita. Alat permainan ini dalam kegiatan baik proses bermain dan ajar mengajar diharapkan dapat memperjelas materi apa yang hendak dicapai atau diperoleh ketika mereka sedang bermain dengan alat permainan ini. Sebagai contoh apabila kita ingin memperkenalkan mengenai konsep warna-warna dasar seperti merah, biru, hitam, putih dan lainnya kepada buah hati dan anak didik kita, perlu di beri sebuah contoh jadi tidak hanya sekedar penjelas lisan saja kepada mereka. Kalau kita mampu dan dapat memberikan gambaran utuh mengenai warna warna dasar tersebut maka si anak pun akan tahu seperti apa warna dasar itu tidak hanya sekedar mendengar dan menirukan nya nya saja. Akan sangat berbeda apabila kita mampu memberikan alat permainan edukatif, dengan memanfaatkan alat permainan tersebut anak akan dapat langsung melihat, mengamati, membandingkan, dan mengenali berbagai warna. Sehingga anak akan mempunyai pengetahuan dan kemampuan untuk dapat mengenali dan membandingkan warna warna dasar yang ada di sekitar lingkungannya.

Memberikan motivasi  dan merangsang anak untuk dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan mereka. Didalam proses bermain dan belajar merupakan suatu proses dimana anak dapat mengeluarkan dan mampu untuk mengembangkan segala kemampuan untuk dapat mengoptimalkan perkembangannya baik fisik dan juga otak mereka. Untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut maka diperlukan suatu alat permainan edukatif yang dapat menyalurkan segala keingintahuan anak. Sebagai contoh adalah alat permainan edukatif balok yang banyak di jual di pasaran. Dengan alat permainan ini akan dapat memberikan motiivasi dan merangsang anak untuk mengembangkan kemampuan untuk berimajinasi dan merangsang anak untuk mengembangkan sebuah konsep bangunan. Selain itu juga membantu perkembangan fisik anak ketika mereka sedang bermain permainan mainan edukatif ini.

Memberikan kesenangan pada anak ketika bermain sambil belajar. Ketika kita sedang bermain bersama anak, kita bias melihat dan mengamati bagaimana asiknya mereka bermain dengan mainan mereka. Mereka sangat antusias dan tertarik memainkan nya, kadang tampak keseriusan dalam rona dan mimic wajah mereka. Kadang saking asiknya bermain sampai sampai sangat sulit untuk kita mengalihkan dan mengangu mereka untuk berhenti sejenak ketika bermain. Situasi tersebut merupakan suatu kondisi dimana anak-anak begitu senang dan nyaman dengan alat permainan yang mereka miliki dan gunakan. Alat permainan yang dirancang secara khusus dan dibuat sangat baik akan menumbuhkan perasaan senang dengan kegiatan bermain dan belajar mereka, sehingga secara tidak disadari selain bermain kita juga memberikan pelajaran dan permainan yang diberikan.

Itulah sekelumit dari tujuannya kita memberikan suatu alat permainan edukatif yang dapat memberikan nilai lebih kepada anak kita ketika mereka sedang bermain tanpa di sadari ketika mereka bermain dengan mainan edukatif mereka menjalani proses bermain sambil belajar. Banyak manfaat dan tujuan dengan adanya mainan edukatif anak ini. Mudah-mudahan dengan tersedia dan diberikannya alat permainan ini akan memaksimalkan perkembangan dan potensi yang dimiliki oleh buah hati kita. Untuk memperoleh informasi dan membutuhkan permaina edukatif anak dapat mengirim email ke ade_ermansyah@yahoo.com atau dapat menghubungi saya di 08138 1052 840 atau PIN BB di 310DABB9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar