Pages

Selasa, 18 September 2012

Bijak Dalam Memilih Mainan Anak

Mainan Anak
Mainan Anak
Bagi para orang tua yang memiliki anak balita, mainan anak bukanlah hal baru dan asing yang dapat ditemui di rumah rumah. Sebagi orang tua untuk menyenangkan sang buah hati, membelikan anak sebuah permainan merupakan suatu piliihan yang efektif. Lewat mainan tersebut, orang tua berharap anak mendapatkan kesenangan ketika mereka memainkannya. Dengan adanya mainan dapat dijadikan sarana bagi orang tua untuk menghentikan tangisan buah hati. Mengembangkan potensi diri anak dan juga membantu perkembangan fisik anak.  Sebaiknya permainan yang kita sediakan mempunyai nilai lebih dari sekedar mengalihkan perhatian anak atau alat untuk menghabiskan waktu di rumah. Mainan bisa menjadi sebuah media yang digunakan untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak. Dengan adanya permainan sang anak dapat menstimulasi perkembangan fisik, motorik kasar dan halus, keberanian, kognitif (kemampuan berpikir) dan juga psikososial. Di sisi lain aktivitas bermain merupakan hak setiap anak. Bagi anak Bermain sama pentingnya dengan mendapatkan hak pendidikan. Dengan bermain dapat juga melibatkan interaksi social dan merangsang pola pikir anak, melatih kecerdasan serta emosi anak. Perlu kita sadari tidak semua jenis mainan anak positif dan dapat menjadi perangsang pertumbuhan. Dibutuhkan jenis mainan yang dapat mendidik (mainan edukasi) untuk dapt mencapai hal itu. Mainan sebaiknya  disesuai dengan umur si anak, bersifat pembelajaran dan tidak mengarah pada hal yang berbau kekerasan.

Untuk dapat memilih dan mengkelompokkan sebuah mainan anak merupakan mainan edukatif kita perlu mengetahui mainan apa saja yag dapat di kategorikan mainan edukasi. Mainan edukasi dapat berupa jenis mainan dengan berbagai bentuk geometri (seperti segitiga, segi empat, persegi panjang,  lingkaran), puzzle dan berbagai jenis mainan balok, angka dan huruf lainnya. Saat ini semakin tingginya minat masyarakat akan mainan edukasi sehingga banyak penjualan mainan jenis ini dipasaran.

Sehingga kita sebagai orang tua perlu bijaksana ketika akan memilih jenis mainan anak yang dapat membantu perkembangan anak. Saat ini banyak mainan baik mainan edukasi yang beredar di pasaran tidak aman dimainkan oleh anak, saat nya kita melihat dari keamanan permainan tersebut jangan melihat dari mahal atau murahnya sebuah permainan.Untuk memperoleh informasi dan membutuhkan mainan edukatif anak dapat mengirim email ke ade_ermansyah@yahoo.com atau dapat menghubungi saya di 08138 1052 840 atau PIN BB di 310DABB9.

1 komentar: